Biografi Sean Connery

Senin, 01 November 2010
Sir Thomas Sean Connery (lebih popular dengan panggilan Sean Connery; lahir di Edinburgh, Skotlandia, UK, 25 Agustus 1930; umur 80 tahun) adalah seorang mantan aktor dan produser film asal Skotlandia[2] yang telah memenangkan beberapa penghargaan seperti Academy Award, Golden Globe, dan BAFTA Award, yang juga merupakan aktor pertama yang memerankan peran sebagai agen rahasia Inggris, 007 James Bond dalam tujuh film Bond antara rentang waktu 1962 sampai 1983.[3] Tahun 1987 ia memenangi penghargaan Academy Award for Best Supporting Actor untuk perannya dalam film The Untouchables.[4] Connery juga mendapatkan gelar kehormatan sebagai ksatria Inggris Raya dari Ratu Elizabeth II pada bulan Juli 2000.

Masa mudaThomas Sean Connery lahir di Fountainbridge, Edinburgh. Ia merupakan putra kedua dari Euphemia "Effie" (née Maclean), seorang ibu tukang cuci dan Joseph Connery, seorang pekerja pabrik dan sopir truk.[6] Ayahnya merupakan seorang pemeluk Katolik Roma yang merupakan keturunan dari Irlandia, sementara ibunya adalah seorang pemeluk Protestan. Ia mempunyai kakak bernama Neil, yang sering memanggil Connery dengan nama tengahnya, yaitu Sean.

Pekerjaan pertamanya di masa muda adalah sebaga pengantar susu di Edinburgh bersama koperasi St. Cuthbert's Co-operative Society.[7] Kemudian ia bergabung dengan Royal Navy, tetapi belakangan ia dikeluarkan dari angkatan bersenjata karena mengalami beberapa cedera serius yang ia terima saat latihan. Ia lantas kembali ke koperasi tempat ia bekerja pertama kali, namun kali ini ia berkerja di bagian lain, yaitu sebagai sopir lori dan juga buruh. Ia juga kemudian menjadi model untuk Sekolah Tinggi Seni,[8] dan juga menjadi seorang binaraga amatir.

Ketika Connery masih muda, ia sempat juga bermain sebagai pemain sepak bola semi-professional untuk Bonnyrigg Rose. Ia kemudian ditawari untuk berlatih bersama East Fife. Ketika sedang dalam tur bersama kru South Pacific, tim Connery lantas bertanding dengan sebuah tim sepak bola lokal, dimana secara tidak sengaja, manajer Manchester United saat itu Matt Busby menyaksikannya dan kemudian tertarik dengan gaya bermain Connery. Busby lantas menawari Connery kontrak senilai £25 setiap minggunya jika ia berminat bermain untuk MU. Connery kemudian dengan halus menolak tawaran Busby tersebut, dikarenakan ia lebih memilih berkarier sebagai aktor.

Pribadi dan keluargaConnery menikah dengan aktris Diane Cilento dari 1962 sampai 1973. Pasangan ini dikaruniai seorang anak laki-laki yang kemudian menjadi aktor, Jason Connery. Setelah bercerai dengan Cilento di 1973, Connery lantas menikah lagi dengan pelukis Perancis Micheline Roquebrune (lahir 1929) di tahun 1975.

Connery juga merupakan seorang pegolf amatir. Ia sempat memiliki Domaine de Terre Blanche[10] di sebelah selatan Perancis dalam waktu duapuluh tahun (sejak 1979) dimana ia berencana untuk membangun sebuah lapangan golf impiannya di tanah seluas 300 hektar. Namun impiannya tersebut tidak terealisasikan sampai akhirnya ia memutuskan untuk menjualnya ke miliuner Jerman Dietmar Hopp di 1999.[11]

Atas jasa-jasanya di bidang perfilman untuk negara Inggris Raya, Connery lantas dianugerahi gelar ksatria oleh Ratu Inggris pada bulan Juli 2000.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sean_Connery

0 komentar:

Poskan Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))